PJ BUPATI DONGGALA AJAK MASYARAKAT BERPERAN AKTIF DAN CIPTAKAN PEMILU DAMAIPj. Bupati Donggala saat memberikan sambutannya pada Rakorsos persiapan pelaksanaan Pemilu 2024
PJ BUPATI DONGGALA AJAK MASYARAKAT BERPERAN AKTIF DAN CIPTAKAN PEMILU DAMAI

Palu,  - Guna mengoptimalkan partisipasi masyarakat serta memastikan kelancaran dan kedamaian Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Donggala menggelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi (Rakorsos) di Sriti Convention Hall, Palu, Kamis (8/2/2024).

Rakorsos ini juga dihadiri oleh Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda), termasuk para camat, kepala desa, dan lurah se-Kabupaten Donggala.

Mengangkat tema Peningkatan Partisipasi Pemilih untuk Mewujudkan Pemilu 2024 yang Aman dan Damai, rakorsos ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih agar meningkatkan kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam proses Pemilu mendatang.

Pj Bupati Donggala, Moh. Rifani, menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam Pemilu sebagai salah satu pilar utama demokrasi.

"Ide ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 yang mengharuskan Pemda untuk melaksanakan langkah-langkah untuk meningkatkan partisipasi pemilih," katanya.

Ia juga mengingatkan akan adanya potensi kerawanan Pemilu, seperti penyebaran kabar bohong (hoax) dan kampanye hitam (black campaign), yang dapat mengganggu stabilitas dan kedamaian masyarakat.

"Turut menjadi fokus pembahasan disini, adalah peran Pemda dalam menyediakan pendidikan politik bagi pemilih, guna meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam proses Pemilu," ujarnya.

Moh. Rifani berharap, melalui kerja sama dengan berbagai pihak dan dengan adanya kesadaran masyarakat maka akan tercipta Pemilu yang damai.

"Saya berharap, Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman, damai, dan berintegritas, serta menjadi momentum penting dalam pendewasaan demokrasi bangsa Indonesia," pungkasnya.

(Tim IKP Kominfo Donggala)



Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)