JELANG PEMILU 2024, BAWASLU DONGGALA GELAR TOT BAGI SAKSI PARTAI PESERTA PEMILUTraining Of Trainer (TOT) Pelatihan Saksi Partai Politik Peserta Pemilihan Umum yang diadakan oleh Bawaslu Donggala di Hotel Santika, Palu.
JELANG PEMILU 2024, BAWASLU DONGGALA GELAR TOT BAGI SAKSI PARTAI PESERTA PEMILU

Palu,  - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Donggala menggelar Training Of Trainer (TOT) Pelatihan Saksi Partai Politik Peserta Pemilihan Umum 2024, yang berlangsung di Hotel Santika Palu, Senin (5/2/2024).

Kegiatan tersebut diikuti secara daring (online) maupun luring (tatap muka) oleh 200 saksi peserta pemilu dan anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Donggala.

Ketua Bawaslu Donggala, Abdul Salim, dalam sambutannya mengatakan, pentingnya para saksi peserta pemilu mengikuti pelatihan ini adalah untuk memastikan bahwa proses pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari nanti akan berlangsung secara jujur, netral, dan adil. 

"Perlunya kegiatan ini dilaksanakan, agar teman-teman saksi akan mengawasi betul proses pemungutan suara di TPS dengan hadir dan melakukan pengawasan secara langsung, sehingga apa yang dihasilkan nanti pasca-Pemilu sesuai dengan demokrasi sebagaimana yang kita harapkan," terangnya.

Abdul Salim juga menekankan pentingnya para peserta dalam memperhatikan materi-materi yang akan disampaikan dalam pelatihan ini. "Kami berharap agar para peserta yang hadir saat ini baik secara daring maupun luring dapat memperhatikan dengan seksama materi yang di sampaikan pada kegiatan ini," tutupnya.

Bawaslu Donggala dalam pelatihan ini menghadirkan sejumlah pemateri, di antaranya pimpinan KPU Kabupaten Donggala, Rahmat Hidayat, yang akan memberikan materi tentang teknis pemungutan dan penghitungan suara.

Kemudian dilanjutkan oleh Kasman Jaya Saad selaku penggiat Pemilu yang memaparkan materi tentang Kerawanan Tahapan pungut hitung dan persoalan di TPS.

Kegiatan diakhiri oleh pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah, yang akan memberikan materi tentang mekanisme pengawasan saksi peserta Pemilu. (Tim IKP Kominfo Donggala)



Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)