Buka Sosialisasi PBLHS 2024, Pj Bupati Donggala Ajak Tingkatkan Kebersihan LingkunganPj Bupati Donggala bersama panitia, narasumber, dan peserta sosialisasi Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah 2024.
Buka Sosialisasi PBLHS 2024, Pj Bupati Donggala Ajak Tingkatkan Kebersihan Lingkungan

Palu,  - Pj Bupati Donggala, Moh. Rifani membuka secara resmi sosialisasi gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) di hotel Citra Mulia, Palu, Selasa (20/2/2024).

Sosialisasi yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Donggala ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat, khususnya generasi muda dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Dihadiri oleh perwakilan dari sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Donggala, diharapkan sosialisasi ini dapat menjadi langkah awal yang baik dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup di tingkat lokal.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Donggala mengatakan pentingnya peran aktif semua pihak, terutama sekolah-sekolah dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

"Sekolah adalah tempat yang ideal untuk menanamkan nilai-nilai kepedulian lingkungan kepada generasi muda. Melalui sosialisasi ini, saya mengharapkan hal ini dapat menginspirasi untuk generasi penerus dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar mereka," ucapnya.

Moh. Rifani menjelaskan bahwa gerakan PBLHS ini dapat dinilai positif karena melalui kegiatan di sekolah akan mendapatkan pendidikan lingkungan hidup, sebagaimana termaktub dalam Peraturan Menteri.

"Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah merupakan aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup. Demikian penjelasan definitif menurut Pasal 1 Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor P.52/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019," paparnya.

Ia tak lupa memberikan apresiasi kepada semua pihak yang menginisiasi gerakan PBLHS ini dan mengajak semua pihak untuk menjaga Kabupaten Donggala bebas dari permasalahan lingkungan.

"Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala, saya mengapresiasi semua pihak atas gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah ini. Untuk itu Mari kita sama-sama meningkatkan kebersihan lingkungan dan berbarengan menjaga Donggala bebas dari sampah," ujarnya.

Peserta sosialisasi gerakan PBLHS 2024 ini, dilibatkan dalam berbagai kegiatan edukatif, seperti penyuluhan dan kampanye tentang pentingnya menjaga lingkungan, workshop praktis terkait pengelolaan sampah serta informasi program-program ramah lingkungan dari berbagai narasumber. (MC. Kominfo Donggala)



Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)